Tips Agar Poster Menarik Untuk Dibaca

peletakan poster harus dipasang di area fasilitas umum yang sering dilewati banyak orang. Adapun lokasi penempatan poster paling favorit yaitu di perempatan jalan. Tak hanya di perempatan jalan, tak sedikit poster dijumpai di berbagai fasilitas umum lainnya, diantaranya di rumah sakit, terminal, stasiun, halte bus, mall dan lain sebagainya.

Memilih Bahan Poster

Bahan pembuatan poster itu sendiri terdiri atas 2 pilihan, yakni bahan premium dan ekonomis. Kedua pilihan bahan tersebut tersedia untuk memudahkan Anda ketika memilih kertas poster sesuai kebutuhan. Untuk bahan premium sendiri biasanya memakai kertas berbahan extra fancy dengan mutu terbaik sehingga membuat tampilan pada poster terkesan lebih mewah.

Ukuran Poster Yang Tepat

Ciri khas media publikasi poster yang membedakannya dengan media publikasi lainnya yaitu ukuran poster relatif lebih besar. Umumnya poster dicetak menggunakan kertas berukuran A3 atau bahkan dalam ukuran lebih besar. Dengan ukurannya tersebut membuat poster lebih mudah dilihat dan menarik perhatian banyak orang untuk membacanya.

Kalimat yang Singkat, Padat, Tetapi Jelas

Ketika Anda membuat sebuah poster untuk menarik banyak pembaca, tentu saja Anda harus mencantumkan kalimat poster yang singkat, jelas dan padat. Jika bisa, pastikan agar target pembaca Anda bisa memahami poster tersebut hanya dengan sekali lihat. Tak perlu memuat kalimat atau pesan yang sifatnya tidak penting. Kebanyakan pembaca lebih memilih mengabaikan poster jika kontennya terlihat sangat “ramai” karena mengganggu penglihatan mereka. Anda harus menonjolkan pesan utama untuk disampaikan agar pembaca tidak kebingungan menentukan maksud poster yang Anda buat.

Pemilihan Warna

Anda juga bisa menarik perhatian audiens dengan permainan warna pada poster. Sebelum mendesain sebuah poster, sebaiknya pilih skema pewarnaan yang sesuai tema poster yang ingin Anda tuangkan. Untuk menciptakan desain poster menarik, Anda bisa memakai 2-4 pilihan warna yang senada.

Desain Poster

Supaya menarik khalayak umum untuk membaca poster Anda, maka poster yang dibuat harus memiliki konsep dan desain yang lebih menarik. Saat membuat sebuah desain, perlu diperhatikan informasi yang ingin Anda sampaikan pada poster tersebut. Adapun informasi yang ingin disampaikan harus dikemas dengan singkat dan jelas. Maka begitu poster menarik akan diperhatikan oleh audiens yang berlalu lalang.

Lebih Fokus Pada Gambar atau Teks Poster

Poster menarik umumnya memadukan kedua macam unsur, seperti gambar dan teks. Supaya bisa menarik perhatian pembaca, tentu saja Anda harus menonjolkan salah satu unsur tersebut. Seperti contohnya gambar poster, gambar ini bisa dibuat lebih menarik atau eye catcher  saat pertama kali orang melihatnya. Akan tetapi, harus diingat bahwa gambar yang dibuat harus sesuai konsep dan tema informasi yang ingin Anda tuangkan. Supaya pembaca dapat lebih memahami poster tersebut hanya dalam satu kali baca, sebaiknya gambar dalam poster diimbangi oleh judul poster atau headline yang terdiri atas huruf besar atau tulisan yang jelas. Kebanyakan pembaca umumnya hanya membaca dengan sekilas karena lebih tertarik  melihat gambar dan judulnya saja, karena itulah Anda harus menonjolkan unsur-unsur tersebut supaya pesan utama poster bisa tersampaikan. Demikianlah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk mencetak poster agar terlihat menarik dan nyaman untuk dibaca oleh khalayak ramai. 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu