Pesatnya pertumbuhan teknologi digital membantu industri percetakan digital dan offset dalam mencari pasar yang lebih luas. Pertumbuhan tersebutlah yang menyebabkan tren percetakan akan bergerak terus menerus. Investasi untuk Digital printing masih memiliki potensi pasar yang cukup luas dan menjanjikan, ditambah lagi dengan adanya komunitas seperti Startup dan Creativepreneur yang banyak digeluti dan ditekuni oleh kaum muda, sehingga di tahun 2017 kemarin banyak sekali UMKM yang tumbuh dan berkembang di Indonesia ini dan akan terus bertambah di tahun tahun berikutnya. Usia produktif yang terus bertambah adalah faktor utama dalam kemajuan industri kecil menengah ini.

 

Tren Percetakan di 2018

Ditahun 2018 ini tren percetakan yang terjadi adalah perusahaan percetakan dituntut untuk menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih bervariasi dalam melayani pasar cetak retail dan corporate yang begitu besar. Jangkauan Digital yang tiada batas dan tidak pernah berhenti akan memberikan angin segar bagi pengusaha percetakan di Indonesia ini, oleh karena itu kualitas mesin cetak dan mesin finishing harus ditingkatkan supaya tidak terjadi kesalahan atau penundaan dalam produksi cetak yang penting dengan deadline yang tipis.

Mesin mesin pendukung untuk mesin cetak digital tidaklah akan pernah cukup cepat dalam mengikuti mesin pendukung offset, akan tetapi dengan pemilihan mesin yang tepat seperti mesin laminating, mesin potong, mesin Spot UV, dan mesin Die cutting akan membantu anda dalam mengurangi masa produksi yang biasanya dikerjakan oleh perusahaan cetak lainnya. Dengan melengkapi line mesin pendukung yang cukup, akan menurunkan cost produksi yang dapat berujung kepada harga jual yang rendah.

Di era Digital ini juga memiliki karakteristik yang unik yaitu flexibilitas yang tinggi sehingga format perusahaan harus cepat dan akurat dengan teknologi yang mendukung produksi. Dengan maju nya industri digital creative juga memberikan tantangan tersendiri bagi dunia percetakan. Yang dahulunya kita susah dalam mendesign sebuah produk dan promosi, sekarang dalam satu tahun, kita dapat mengganti tema dan promosi berkali kali dengan tema yang berbeda beda. Salah satu contoh yang mudah adalah promosi dengan menggunakan media cetak seperti X banner, Roll up banner, poster, spanduk, flag chain, Stiker dalam satu tahun kita mengganti jenis promosi  yang ada di dalam toko ataupun promosi luar ruang berkali kali sehingga bagi dunia percetakan fleksibilitas cetak dan kecepatan cetak adalah penentu dalam memenangkan persaingan yang ketat ini.

Hal ini juga terjadi di sektor corporate dimana perusahaan mencetak buku, kartu nama company profile, Kop surat menjadi sedikit. Akan tatapi dengan adanya digital creative yang kuat perusahaan dapat mencetak berulang kali dengan design yang unik dan berbeda beda. Event corporate atau pameran di Indonesia memberikan tekanan yang cukup besar kepada perusahaan cetak, dengan deadline yang begitu cepat perusahaan percetakan di tuntut untuk menyediakan jasa cetak seperti brosur, Katalog, banner dan cetakan lainnya dengan kualitas yang bagus.

Kedepannya Teknologi digital printing dan digital offset akan selalu berkembang, industri percetakan dituntut untuk melengkapi diri dengan teknologi terbaru dan variasi mesin pendukung yang tepat dan dapat membatu perusahaan untuk memberikan service yang lebih baik. Disamping itu 2018 akan menjadi tahun yang menarik karena evolusi inkjet dan toner terus berlanjut. Namun bukan berarti tinta cetak offset konvensional lantas ditinggalkan begitu saja. Pemahaman tentang tinta offset juga sedikit banyak harus didalami oleh pengusaha percetakan. Tekanan digital akan terus menjadi sorotan karena vendor mengenalkan teknologi baru dengan kecepatan tinggi. Tapi ingat sebuah cetakan tidak akan ada gunanya jika sampai ketangan pelanggan tanpa adanya mesin finishing yang mendukung kinerja mesin cetak anda. Itulah pembahasan mengenai tren percetakan yang mungkin terjadi ke depannya dalam dunia percetakan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu